Textpand - Aplikasi Auto Text (Text Expansion / shortcut text) Android terbaik

Textpand adalah aplikasi text expansion android yang memungkinkan pengguna untuk dapat membuat shortcut khusus sebagai cara cepat / pintas untuk membuat text / kalimat yang sering digunakan. Sederhananya, ini kurang lebih bertindak sebagai template text siap pakai yang biasanya kita jumpai pada aplikasi sms. Bedanya adalah dengan aplikasi textpand, untuk memanggil kalimat yang dikehendaki, kita cukup mengetikkan kata / kombinasi karakter yang telah diatur sebagai shortcut. Selain itu, ketersediaan shortcut ini tidak hanya pada pesan text saja, ini berlaku untuk semua form text, misalnya aplikasi instan messenger seperti bbm, whatsapp, dan lain sebagainya.

Aplikasi textpand android - cara membuat shorcut text

Aplikasi textpand android ini sangat cocok bagi anda yang memiliki kesibukan sebagai konsultan. Ini juga menjadi solusi bagi anda yang memiliki kesibukkan dalam melayani berbagai pertanyaan dari calon buyer produk anda. Misalkan saja anda yang memiliki situs onlineshop, pada kebanyakan kasus, hal yang ditanyakan oleh calon buyer kemungkinan besar akan sama dengan buyer lainnya. Tentu tidak akan efektif jika anda mengetikkan hal yang sama secara manual untuk setiap pertanyaan yang serupa.

Untuk tujuan inilah textpand hadir dengan cara kerja yang (menurut saya pribadi) sangat-sangat baik dalam hal pembuatan cara pintas text pada perangkat android.

Aplikasi textpand ini sendiri tersedia dalam 2 versi yaitu versi free (gratis) dan versi pro (berbayar). Pada versi free, ada batasan seputar jumlah shortcut yang bisa dibuat. Lebih tepatnya pada versi free ini anda hanya bisa membuat 10 shortcut saja. Anda bisa meng-unlock batasan ini dengan cara upgrade ke versi pro.

Tutorial Textpand

Sekarang kita akan masuk pada tutorial bagaimana cara menggunakan aplikasi textpand. Untuk mendownload textpand terbaru, anda bisa menuju link berikut:


Download dan install aplikaIi textpand melalui link diatas, buka aplikasi textpand dan anda akan dihadapkan pada antarmuka yang mengharuskan anda untuk mengizinkan / mengaktifkan textpand pada pengaturan Accessibility (Aksesibilitas). Kurang lebih diperlihatkan pada 3 screenshot berikut:

Download aplikasi text cepat android

Setelah beberapa langkah diatas, anda akan kembali dibawa pada aplikasi textpand. Pada antarmuka utama textpand ini, terdapat juga tombol switch On / Off aplikasi. Untuk mulai membuat shortcut, klik pada icon plus (+) seperti yang terlihat pada screenshot dibawah (gambar 2). Selanjutnya akan terbuka antarmuka pembuatan shortcut text.

cara membuat template text pada android dengan aplikasi textpand

Pada antarmuka pembuatan shortcut text ini, ada 2 form text yang harus anda isi, pada form pertama yaitu form dengan label shortcut, isi dengan shortcut yang akan digunakan untuk memanggil text yang dikehendaki. Selanjutnya isi form kedua (phrase) dengan text atau kalimat apapun. Text atau kalimat inilah yang akan dipanggil ketika anda mengetikkan shortcut. Sebagai contoh, disini saya hendak membuat shortcut untuk text "Good Morning ..!" dengan "gm" sebagai shortcut pemanggil, kurang lebih seperti screenshot dibawah. Klik icon checklist dibagian atas untuk menyimpan dan shortcut telah siap untuk digunakan.


Cara Menggunakan Textpand

Saat aplikasi textpand ini dalam keadaan aktif, dimanapun anda mengetikkan text yang telah digunakan sebagai shortcut, akan muncul sebuah tombol checklist hijau seperti yang terlihat pada gambar dibawah. Mengklik tombol checklist ini akan memanggil text / kalimat yang telah ditentukan.

Cara membuat autotext pada hp android

Pengaturan tentang bagaimana text ini dipanggil bisa anda susuaikan pada antarmuka pembuatan shortcut yaitu pada "Expands immediately". Mengaktifkan pengaturan ini akan membuat text terpanggil secara otomatis (tanpa icon checklist hijau).

Catatan:
Perlu diingat bahwa aplikasi ini belum mendukung halaman web. Jadi jika anda membutuhkan aplikasi shortcut text yang support untuk halaman web, textpand bukan aplikasi yang tepat.

By: -

No comments:

Tulis Komentar

Update Terkait