[Software]: Kompres (Compress) Gambar hingga 900% pada Windows PC

Jika anda membutuhkan sebuah program yang mampu meng-compress / memperkecil ukuran gambar tanpa mengurangi kualitas (yang berlebihan) dari gambar itu sendiri, berikut ini adalah software yang menurut saya sangat handal. Nama software ini adalah Caesium. Caesium adalah software compress gambar gratis yang memungkinkan pengguna untuk dapat mengoptimalkan ukuran gambar dengan sangat mudah. Ini juga mendukung kemampuan compress banyak gambar sekaligus baik itu gambar yang dipilih secara satu persatu maupun dengan mode folder. Hasil dari kompresi ini akan beragam, tergantung dengan detail gambar, pada kasus tertentu, software ini bisa mengkompresi ukuran gambar hingga 9 kali lipat lebih kecil dari ukuran yang sebenarnya.

Antarmuka software compress gambar - Caesium

Selain memiliki kemampuan kompresi gambar yang sangat baik, software ini juga menyediakan antarmuka pengguna yang user-friendly. Hampir semua kegiatan yang berkaitan dengan compress gambar bisa anda lakukan pada antarmuka utama. Berikut sedikit penjelasan tentang bagian-bagian yang terdapat pada halaman utama software Caesium.



Seperti yang anda lihat pada screnshot diatas, tidak terbatas hanya untuk keperluan memperkecil ukuran gambar, software ini juga mendukung berbagai setting lainnya. Salah satunya adalah "Resize" yang memungkinkan pengguna untuk dapat mengatur ukuran gambar hasil kompressi. Fitur resize ini mendukung untuk 2 mode, yaitu "absolute" dan "percentage". Mode absolute akan mengubah ukuran gambar secara paksa dengan tetap mempertahankan rasio gambar (Keep Aspect Ratio). Untuk lebih mudahnya, disini sedikit akan saya bahas tentang bagaimana cara meng-kompresi gambar dengan menggunakan software caesium ini.

Cara Compress Ukuran File Gambar dengan Menggunakan Software Caesium

Pada contoh ini, saya hanya akan mengkompresi satu gambar saja, untuk detail gambar yang akan dikompresi ini adalah berukuran hampir 1.7 MB dengan format .png, lebih jelasnya seperti pada gambar dibawah ini.



Tambahkan gambar pada caesium dengan cara klik "Add Pictures" - Pilih gambar yang akan dikompresi - klik "Open". Untuk mode Add Pictures ini sendiri juga memungkinkan kita untuk dapat mem-blok / menambahkan banyak gambar sekaligus.



Disini ternyata ukuran gambar input yang terbaca oleh caesium adalah sebesar 1.7 MB. Setelah gambar ditambahkan, selanjutnya adalah melakukan setting Quality (kualitas) gambar pada bagian (Compression Options). Disini saya atur menjadi "80" dengan format output default (jpg).



Seperti yang terlihat pada gambar diatas, software ini juga mendukung salah satu fitur yang sangat penting yaitu live priview. Ini memungkinkan pengguna untuk dapat melihat hasil / output gambar yang akan dikompresi dengan setting kualitas yang telah ditentukan. Dengan fitur live preview ini, pengguna dapat dengan mudah menyesuaikan kualitas gambar sesuai dengan kebutuhan. Jika ada banyak gambar yang ditambahkan, pengaturan kualitas gambar ini bisa dilakukan secara individu (berbeda untuk setiap gambar).

Selanjutnya adalah setting pada bagian Output folder. Untuk bagian resize gambar, disini tidak saya gunakan (tanpa merubah resolusi). Untuk penyimpanan output, folder bisa ditentukan secara khusus (poin1 gambar dibawah) maupun tetap pada folder gambar original (poin 2 gambar dibawah).



Pada tutorial ini, lokasi penyimpanan output yang saya pilih adalah tetap menggunakan folder original gambar dengan cara memberikan checklist pada "Same folder as input". Secara default, software ini juga akan menambahkan akhiran pada nama gambar yang dikompresi. Anda bisa mengubah ataupun menghapus ini jika tidak diperlukan.



Klik "Compress" untuk mulai meng-compress gambar. Untuk gambar yang digunakan sebagai contoh ini, dengan men-setting kualitas output menjadi 80, software ini mampu mengurangi ukuran gambar hingga 89% lebih kecil (hanya sekitar 11% dari ukuran yang sebenarnya).



Berikut ini adalah perbandingan antar gambar original dan gambar hasil kompresi yang dilakukan dengan software caesium ini:



Hanya dengan men-setting kualitas output menjadi 80%, software ini mampu memperkecil ukuran gambar hingga menjadi kurang lebih 90% lebih kecil dari ukuran yang sebenarnya. Masalah hasil, bisa anda lihat perbandingan pada gambar diatas, kualitas gambar yang dikompresi ini (output) tidak jauh berbeda dengan gambar yang sebenarnya (original). Bahkan cukup sulit untuk membedakan mana gambar yang original dan mana yang hasil kompresi, hampir tidak ada perubahan sama sekali ^_^.

Pengaturan Penting Pada Software Compresi Gambar Caesium

Sekarang sedikit akan saya tinjau tentang settings Compression. Menuju ke menu Tools - Settings - Comperssion. Pada antarmuka ini ada satu setting yang saya rasa cukup penting untuk dilakukan. Ini adalah setting untuk proses kompresi yang menghasilkan output dengan ukuran yang lebih besar dibandingkan file input.



Secara default, pada bagian "Skip if the output size is greater than the original" ini tidak ter-checklist (tidak aktif). Beri tanda checklist pada bagian ini dan kemudian klik "OK" untuk menyimpan pengaturan.



Pengaturan ini berfungsi agar jika gambar hasil kompresi berukuran lebih besar dari gambar original, proses kompresi akan dilewatkan (tidak dilakukan). Hal ini karena untuk kasus gambar tertentu, terkadang file output gambar akan berukuran lebih besar dibandingkan dengan file original gambar. Ini umumnya terjadi pada gambar dengan warna yang tidak terlalu komplek. Misalkan saja untuk gambar yang didominasi oleh warna putih, kemungkinan ukuran output akan lebih besar.

Fitur Caesium:
  • Meng-kompresi gambar dengan tetap mempertahankan kualitas visual gambar
  • Mendukung set output format - ini juga bisa digunakan sebagai image converter (JPG, PNP, BMP, atau tetap menggunakan format input)
  • Resize image (Percentage dan Absolute Pixel)
  • Dukungan Live Preview - Membandingkan visual gambar original dan output sesuai dengan kualitas output yang ditentukan
  • Mendukung kompresi banyak gambar sekaligus
  • 100% gratis

Spesifikasi Caesium:
Versi Terbaru1.7.0
Ukuran15.3 MB
DeveloperMatteo Paonessa
DukunganWindows 2000, XP, Vista, Vista 64 bit, NT, 7, 8, 10
Sistem RequirementProsesor 1 Ghz, Minimum RAM 128 MB, Minimal resolusi layar 640x480.


By: -

2 comments:

Update Terkait