Top 1: Aplikasi Launcher Android Ringan dan Cepat - Terbaik diantara 9 terbaik

Kita tahu bahwa android merupakan OS smartphone yang datang dengan banyak sekali fitur dan keunggulan, terutama dari segi tampilan homescreen, scroll transisi, tema, icon aplikasi dan lain sebagainya. Berbagai merek smartphone android datang dengan style UI (User Interface) berbeda untuk setiap produser. Jika anda ingin mendapatkan kebebasan yang lebih terhadap tampilan android anda, menggunakan launcher adalah salah satu cara mudah yang dapat anda tempuh.

Ya, Launcher adalah aplikasi yang memungkinkan para pengguna android untuk dapat melakukan berbagai penyesuaian / modifikasi terkait berbagai elemen perangkat. Ini umumnya berkaitan tengan desain homescreen, icon aplikasi, efek transisi, wallpaper dan lain sebagainya. Pada umumnya, launcher-launcher populer android ini juga memiliki dukungan tema yang sangat banyak dan bisa anda download / install secara gratis melalui Google Play Store.

Ada 9 aplikasi launcher yang telah direview, yaitu: Nova Launcher (free), ZenUI Launcher, GO Launcher, C Launcher, Apus Launcher, Apek Launcher, Smart Launcher 3, Honeycomb Launcher, dan Launcher 8 WP Style. Tidak semua launcher yang telah direview akan diulas disini, kami hanya akan mengulas beberapa launcher yang secara pribadi kami anggap sangat baik (diantara yang terbaik). Dibawah adalah daftar launcher terbaik untuk android yang bisa anda coba untuk mempercantik berbagai bagian pada perangkat android anda.

1. ZenUI Launcher – Fast & Smart

ZenUI Launcher adalah salah satu launcher android yang memiliki rating yang sangat baik (4.7 star) dengan jutaan pengguna di play store. Ini merupakan launcher gratis yang memungkinkan anda untuk dapat melakukan banyak sekali penyesuaian terkait tampilan android anda, mulai dari themes, wallpaper, icon, gaya folder dan lain sebagainya.

Aplikasi launcher android terbaik

Salah satu yang menjadi keistimewaan pada launcher android yang satu ini adalah dukungan preview kustomisasi. Dengan fitur ini, anda dapat melihat setiap perubahan yang telah dilakukan sebelum anda hendak memutuskan untuk menerapkan perubahan tersebut pada perangkat android anda.

Berdasarkan apa yang telah kami review, launcher ini memiliki banyak sekali fitur kustomisasi. Beberapa fitur yang dimiliki oleh launcher ini bisa dibilang cukup jarang dimiliki oleh launcher android laninnya. Terlebih lagi untuk launcher yang datang secara gratis (full free).

Dukungan Tema / Themes dan Wallpaper

Selain tersedia di google play store, anda juga dapat mendownload tema (icon pack) yang disediakan secara khusus untuk aplikasi ini, anda dapat mengakses halaman tema khusus ini melalui default icon yang terdapat pada layar homescreen.



Walaupun pada launcher android ZenUI ini anda juga bisa menerapkan gambar / foto gallery sebagai wallpaper / background menu, Secara default, launcher ini tidak menyertakan banyak pilihan wallpaper yang hadir bersamaan launcher, untuk itu, anda bisa mendownload banyak wallpaper keren secara gratis melalui aplikasi themes launcher, lebih tepatnya pada tab wallpaper. Cukup pilih wallpaper yang anda kehendaki, download, dan apply. Akan muncul antarmuka setting transparansi wallpaper.



Pada antarmuka setting transparansi, klik apply untuk menerapkan wallpaper. Wallaper yang telah terdownload ini juga akan tersimpan pada tab download themes launcher.



Dukungan Widget Homescreen

Ada banyak dukungan widget yang bisa anda tambahkan pada layar homescreen android anda baik itu untuk keperluan akses yang mudah maupun hanya untuk mempercantik layar homescreen android anda. Widget-widget ini misalnya saja seperti "active apps" yang memungkinkan anda untuk dapat melihat informasi terkait aplikasi apa saja yang sedang berjalan pada perangkat anda dengan lebih mudah. Launcher ini juga support untuk widget beberapa aplikasi instan messenger.



Dukungan Hide dan Lock Apps

Fitur hide dan lock apps bisa jadi merupakan salah satu hal yang sangat dibutuhkan untuk melindungi akses ke hal-hal yang dianggap pribadi. Ini bisa anda gunakan untuk aplikasi-aplikasi tertentu, misalnya saja beberapa aplikasi instan messenger yang mungkin ingin anda sembunyikan / lock.



Untuk fitur lock app, launcher android ZenUI ini akan meminta password setiap kali aplikasi yang anda protect hendak dibuka. Pengamanan ini berupa pattern password (kata sandi pola). Selain itu, launcher ZenUI akan mengaktifkan mode auto-capture saat ada orang lain yang hendak mengakses aplikasi yang telah anda protect dengan password yang tidak sesuai. Dengan demikian, anda tidak hanya bisa mengamankan privacy anda, ini juga memungkinkan anda untuk mengetahui siapa yang hendak mengakses aplikasi yang anda proteksi / kunci.

Baca juga: App locker android terbaik

Variasi Grid Menu

Launcher ZenUI juga mendukungan kustomisasi Grid Layout untuk layar all apps, tersedia 7 pilihan Grid disini, Grid size yang didukung adalah 3 kolom, 4 kolom dan 5 kolom. Tepatnya 3X3, 3X4, 4X3, 4X4, 4X5, 5X4 dan 5X5.



Pengaturan Launcher Lainnya

Banyak fitur yang belum dijelaskan disini. Seperti misalnya penyesuaian efek transisi perpindahan layout (scroll effect), Ukuran icon, warna untuk label icon, jenis font dan lain sebagainya. Anda dapat mengakses beberapa penyesuaian lainnya dengan cara: Pada homescreen "Geser keatas" (Swipe Up) dan anda akan dihadapkan pada beberapa menu kustomisasi dan pengaturan.



Beberapa pengaturan lainnya seperti font, folder icon, layout mode bisa anda akses melalui menu Preperence. Tidak hanya itu, launcher ini juga memungkin anda untuk melakukan penyesuaian transparansi status bar.



Ini adalah salah satu launcher android yang sangat kami rekomendasikan bagi anda yang menginginkan sebuah launcher android dengan fitur beragam dan keren. Uji coba pada samsung galaxy S4 dengan OS Lollipop, jalan dari launcher ini sangat halus.



2. Go Launcher

Go Launcher merupakan salah satu launcher yang sangat populer dikalangan pengguna android. Secara keselurahan, launcher ini juga memiliki banyak fitur kustomisasi, fitur tambahan lainnya termasuk juga untuk hide dan lock aplikasi.



Go Launcher sendiri memiliki 2 versi, yaitu versi gratis dan berbayar (Go launcher prime), khususnya untuk versi gratis, jika dibandingkan dengan ZenUI diatas, bisa dikatakan Go Launcher hampir sama lengkapnya dengan ZenUI, terutama untuk fitur-fitur dasar. Satu keunggulan Go Launcher versi gratis ini jika dibandingkan dengan ZenUI adalah fitur kustomisasi Grid. Pada Go launcher, anda bisa secara bebas menentukan jumlah baris dan kolom grid menu aplikasi / folder perangkat anda (2 sampai 10 untuk masing-masing baris dan kolom).



Dukungan Tema / Themes, Icon Pack, Wallpaper Go Launcher

Tidak jauh berbeda dengan ZenUI, Go launcher juga menyediakan aplikasi khusus yang datang bersamaan dengan launcher untuk pencarian tema dan wallpaper. Khususnya untuk tema, karena Go launcher merupakan launcher android yang sangat populer, kemungkinan besar ketersediaan tema go launcher di google play store sangat banyak.



Dukungan Ekstensi yang lebih beragam

Ya, pada Go launcher, anda tidak hanya bisa mendownload tema dan wallpaper, beberapa aspek lainnya seperti widget cuaca, tampilan lock screen, SMS dan keyboard juga bisa anda dapatkan. Ini tidak akan anda temui pada launcher ZenUI diatas.

Baca juga: Aplikasi widget cuaca android terbaik



Dukungan Bahasa Go Launcher

Selain dengan beberapa ekstensi yang tidak dimiliki oleh launcher ZenUI sebelumnya, pada Go Launcher, anda juga bisa memilih bahasa launcher, fitur ini juga sudah mendukung untuk bahasa Indonesia.



Secara keseluruhan, Go Launcher merupakan salah satu aplikasi launcher android terbaik yang kami rekomendasikan. Jika dilihat dari keseluruhan fitur penyesuaian, ini bisa dikatakan lebih lengkap dibandingkan dengan ZenUI Launcher.



ZenUI Launcher VS Go Launcher, Mana yag lebih baik ?

Jika anda bertanya mana yang lebih baik antara ZenUI dan Go Launcher, jawaban untuk pertanyaan ini akan sangat tergantung dengan kebutuhan anda. Disini akan dibahas perbandingan kedua launcher ini dari beberapa aspek yang mungkin bisa menjadi pertimbangan anda.

Ukuran File ZenUI Launcher VS GO Launcher

Jika dilihat dari ukuran file, Go launcher jauh lebih unggul dibandingkan dengan ZenUI launcher.



LauncherUkuran File
Zen UI Launcher19 MB
GO Launcher8 MB

Bisa dilihat dari tabel atau gambar diatas, ukuran file GO Launcher (versi gratis) bahkan kurang dari setengah ukuran ZenUI Launcher. Ini tentunya menjadi nilai plus untuk Go launcher mengingat fitur-fitur yang ditawarkan pada kedua launcher ini bisa dikatakan sama lengkapnya.

Dukungan Ekstensi ZenUI Launcher VS GO Launcher

Dari segi fitur ekstensi yang diberikan, Go launcher lagi-lagi lebih unggul dibandingkan ZenUI. Pada GO launcher, selain anda dapat dengan mudah menyesuaikan icon aplikasi dan wallpaper android anda, beberapa fitur lainnya seperti desain widget cuaca, keyboard, dan locker juga tersedia.



Kecepatan ZenUI Launcher VS GO Launcher

Dari segi kecepatan, tentunya akan sangat sulit untuk membedakan antara kecepatan launcher tertentu dengan launcher lainnya. Untuk kedua launcher ini, penulis sendiri memutuskan untuk memberikan nilai plus pada launcher ZenUI.



Pada Go launcher, akan ada jeda seper sekian detik saat mengakses "All Apps" dari homescreen. Entah ini memang pengaturan default pada launcher atau memang launcher ini membutuhkan sedit waktu untuk me-load daftar aplikasi, yang jelas, jeda ini tidak terjadi pada launcher ZenUI.

Catatan:
Jeda yang terjadi disini bahkan tidak akan terasa jika tidak benar-benar diamati dengan teliti ^ _ ^. Kami tidak dapat mengatakan bahwa GO launcher merupakan launcher android yang lambat hanya karena situasi ini. Lagipula, jeda ini hanya terjadi saat transisi antara homescreen dan layar aplikasi. Jadi, bisa dikatakan bahwa secara keseluruhan, kecepatan kedua launcher ini sama saja.

ZenUI Launcher VS GO Launcher, mana yang lebih direkomendasikan ? - Okelinks Version

Jika anda menginginkan sebuah launcher yang memungkinkan anda untuk melakukan banyak penyesuaian serta mendukung berbagai ekstensi seperti kustom keyboard, cuaca, SMS, dan locker, GO launcher bisa menjadi pilihan anda. Ini juga lebih direkomendasikan untuk perangkat android yang memiliki penyimpanan lebih kecil. Namun, jika anda lebih nyaman untuk menggunakan beberapa ekstensi tersebut secara terpisah (menggunakan aplikasi khusus), ZenUI Launcher bisa menjadi pilihan anda.

Terlepas dari ukuran file yang cukup besar, penulis pribadi merasa ZenUI Launcher lebih nyaman pada perangkat android Samsung S4 Lollipop. Ini mungkin karena ada satu efek transisi / scroll pada ZenUI Launcher (Accordion) yang menimpulkan kesan sangat smooth.

Pada intinya, semua tergantung feel masing-masing. Untuk memastikan mana yang terbaik, satu-satunya cara adalah dengan mencoba satu persatu ^_^.

Catatan:
Aplikasi yang memiliki ukuran file lebih besar tidak berarti akan memiliki kinerja yang lebih berat. Ini karena bisa jadi file yang lebih besar memiliki algoritma (coding) yang lebih kompleks yang umumnya bertujuan untuk menghindari bugs.

3. Aplikasi Launcher Android dengan Tampilan Berbeda

Selain 2 launcher yang telah diulas diatas, aplikasi launcher android dibawah ini mungkin bisa menjadi pertimbangan anda. Launcher ini menawarkan desain UI yang (bisa dikatakan) baru.

Smart Launcher 3

Smart Launcher 3 adalah launcher android yang menawarkan desain menu homescreen dengan tanpilan yang berbeda dan keren. Aplikasi launcher ini akan menampilkan daftar aplikasi pada homescreen dengan gaya Circle. Ini pada perinsipnya diperuntukkan untuk aplikasi-aplikasi yang lebih diutamakan (sering diakses) pada perangkat. Terkait dengan aplikasi apa saja yang akan ditempatkan pada Circle, ini dapat anda sesuaikan dengan mudah layaknya anda Add dan Remove aplikasi / folder.



Pada antarmuka All Apps, setiap aplikasi akan dikelompokkan kedalam 6 kategori utama, yaitu: Komunikasi, Koneksi, Games, Media, Dokumen dan Pengaturan. Aplikasi smart launcher android ini juga mendukung banyak tema / icon pack yang bisa dengan mudah anda download melalui menu "Themes" yang datang bersamaan dengan launcher.



Jika anda menginginkan nuansa baru pada smartphone android anda, launcher android yang satu ini cukup direkomendasikan. Selain karena tampilan yang diberikan sedikit berbeda dibandingkan launcher android pada umumnya, Smart launcher ini juga merupakan launcher android yang berjalan sangat ringat dengan ukuran file kurang dari 4 MB.



Anda mempunyai rekomendasi lain seputar Aplikasi launcher android terbaik ?, Beri tahu kami melalui form komentar dibawah. Jika memungkinkan, kami juga akan mereview dan mengupdate daftar aplikasi launcher android terbaik diatas sesuai dengan hasil review.

By: -

2 comments:

  1. Saya sudah mencoba dari beberapa aplikasi launcher diatas, namun yang paling membuat saya menarik adalah dari bawaan Asus Zenfone yakni ZenUI. Selain fiturnya yang lengkap juga tersedia fitur untuk mendownload langsung dari hp kita. Sukses buat admin okelinks.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masalah fitur direct download, mungkin kebanyakan launcher android sudah include fitur ini mas. Memang sudah menjadi salah satu cara mereka me-monetize app mereka ^_^.

      Delete

Update Terkait