Download + Review Internet Download Manager (IDM) versi Terbaru 2016

Internet Download Manager (atau lebih sering disingkat IDM) adalah software downloader windows yang paling populer untuk saat ini. Ini adalah sebuah program download accelerator yang dapat meningkatkan kecepatan download dengan sangat signifikan. Software downloader windows ini mengusung teknologi safe multipart dan dynamic file segmentation untuk dapat mempercepat proses download. Secara sederhana, file yang didownload dengan IDM akan diproses secara terpisah menjadi bagian-bagian yang lebih kecil untuk mendapatkan kecepatan download yang maksimal.

Apa yang dilakukan IDM ?

Tidak seperti software downloader lainnya yang membuat pembagian file (hanya satu kali) sebelum proses download dimulai. IDM akan membagi file download secara dinamik saat proses download berlangsung. Ketika proses download dimulai, tidak ada kejelasan tentang berapa koneksi yang akan terbuka, saat satu koneksi baru terbuka dan mulai melakukan download file, file download ini akan dibagi menjadi dua bagian yang secara otomatis akan membuka satu koneksi lagi. Proses seperti ini juga berlaku untuk pembagian-pembagian file pada proses selanjutnya.

Download IDM terbaru - Antarmuka Download Info

Pemilihan bagian mana yang akan didownload terlebih dahulu akan ditentukan dengan koneksi pengguna. Saat koneksi pengguna terbilang cepat, bagian yang lebih besar akan menjadi prioritas utama, dan begitupun sebaliknya. Algoritma ini terbukti mampu meningkatkan kecepatan download hingga 500% dibandingkan dengan proses download yang dilakukan tanpa menggunakan software downloader.

Antarmuka Utama IDM

Ketika anda membuka IDM, anda akan berada pada window utama IDM. Disini anda memiliki akses kesetiap fitur dan tools yang diberikan. Window utama ini juga menampilkan daftar files download yang pernah dilakukan baik itu yang telah sukses maupun untuk proses yang belum selesai.

Download idm terbaru - antarmuka utama

Download Control: Pada window antarmuka utama ini, terdapat beberapa tombol kontrol file download, yaitu meliputi: Add URL, Start/Resume, Stop, Stop All, Delete, Delete All Completed, Options, Scheduler, Start Queue, Stop Queue, Stop Queue, Grabber, dan Tell A Frien.

Kategori: Antarmuka utama IDM ini juga menampilkan beberapa kategori untuk masing-masing file download yang dilakukan, daftar kategori ini ditampilkan pada bagian kiri window utama (sidebar). Katerogi ini meliputi: All download yang dibagi lagi menjadi beberapa sub kategori (Compressed, Documents, Music, Programs, Video), Unfinished yang akan menampilkan semua proses download yang belum selesai, Finished, Grabber Project, dan Queues.

IDM Download Mode

IDM memiliki beberapa download mode yang akan memberikan pengguna kontrol penuh tentang bagaimana harus menggunakan IDM dalam mendownload files, diantaranya adalah:
  1. Automatic Mode
  2. Download spesifik link atau semua link yang terdapat pada selected text pada halaman HTML
  3. Add URL Button
Automatic Mode: Ini adalah mode download otomatis yang umumnya digunakan para pengguna IDM. Mode ini akan secara otomatis melakukan download fileS melalui IDM jika memang link tersebut support dengan IDM (Terkadang ada juga link download yang tidak support IDM).

Pada mode ini, saat anda meng-klik link download, window download IDM akan terbuka seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini:

DOWNLOAD IDM TERBARU - DOWNLOAD INFO

Untuk situs-situs streaming seperti youtube, ketika IDM mendeteksi Web Player atau Permintaan Multimedia, pengguna dapat mendownload media tersebut melalui shortcut yang tampil dibagian bawah kanan browser.

Download idm terbaru - download shortcut

Meng-klik shortcut ini akan menampilkan window "download file info" seperti yang terlihat pada gambar sebelumnya. Jika IDM mendeteksi beberap file, IDM akan menapilkan setiap file yang terhubung. Window download yang terbuka akan menampilkan daftar file yang terhubung.

Untuk memulai dan menampilkan progres download, klik "Start Download" pada window Download File Info, proses download akan ditampilkan seperti gambar dibawah ini:

download idm terbaru - proses download

Beberapa informasi akan dapat anda lihat pada window ini, diantaranya adalah Ukuran file, persentase file yang telah terdownload, kecepatan download, perkiraan lamanya sisa waktu proses download, dan dukungan untuk Resume download.

Terlihat bahwa proses download pada contoh ini support Resume Download yang artinya anda bisa melakukan Pause pada proses download yang sedang berlangsung dan melanjutkannya (Resume) diwaktu yang lebih memungkinkan. Untuk proses download yang support Resume, walaupun download terhenti secara tidak sengaja (misal jaringan error), proses download yang gagal ini tetap bisa dilanjutkan.

Catatan:
Jika pada informasi Resume Capability dikatakan "NO" (tidak support), proses download tidak dapat di pause. Dengan kata lain, jika download gagal, proses download tidak dapat di lanjutkan (Resume). Satu-satunya jalan adalah mengulang proses dari awal.

Kembali pada proses download menggunakan IDM, ketika proses telah selesai, window "Download Complete" akan ditampilkan seperti yang terlihat ada gambar dibawah ini:

DOWNLOAD IDM TERBARU - DOWNLOAD COMPLETE

Terdapat beberapa tombol pintas terkait file yang telah didownload, diantaranya adalah Open, Open With, Open Folder dan Close. Meng-klik "Open" akan membuka file secara langsung, jika file tidak dalam format file Compressed seperti .zip, .rar  dan lain-lain, file akan langsung dijalankan. Pilihan "Open With" (jika tersedia) akan memungkinkan pengguna untuk dapat memiliH program yang akan digunakan untuk membuka file download. tombol "Open Folder" akan membawa pada direktori penyimpanan/lokasi file download yang telah ditentukan pada awal proses download. "Close" untuk menutup window download.

Mode download spesifik atau semua link yang terdapat pada selected text pada halaman HTML: Ketika anda meng-klik kanan pada sebuah link, browser akan menampilkan "download with IDM" pada daftar yang ditampilkan, fitur ini akan mengeksekusi link yang bersangkutan dengan IDM. Untuk multy link, "Select/blok" semua link yang ingin akan download menggunakan IDM kemudian klik-kanan pada browser dan pilih "download with IDM".

Add URL Button: Fitur ini memungkinkan anda untuk memasukkan URL file yang akan didownload secara manual. Ini dapat dilakukan dengan cara meng-copy URL file yang akan didownload, klik tombol Add URL (Salah satu menu pada download control), link file yang telah dicopy akan secara otomatis terbaca oleh IDM dan secara otomatis akan ter-paste pada kotak URL/address.

Konfigurasi pada Internet Download Manager (IDM) 

Ada banyak hal yang bisa anda sesuaikan pada konfigurasi IDM, anda bisa mengakses ini pada menu "Options" yaitu merupakan salah satu menu yang terdapat pada download control sebelumnya. Beberapa tab konfigurasi yang tersedia adalah Proxy / Socks, Sites Logins, Dial up / VPN, Sounds, General, File Types, Save to, Downloads, dan Connection.

download idm terbaru - pengaturan

General Tab: Screenshot diatas adalam General konfigurasi pada IDM, ini meliputi daftar browser yang telah terintegrasi dengan IDM. Jika ada salah satu browser yang anda kehendaki untuk terhubung dengan IDM dan anda tidak melihatnya pada daftar yang ditampilkan, anda dapat menambahkan integrasi IDM secara manual melalui tombol "Add Browser". Terdapat juga konfigurasi "keys" yang dapat digunakan untuk mengontrol apakah suatu link akan didownload menggunakan IDM atau tidak.

File Types Tab: Konfigurasi ini akan menampilkan setiap ekstensi (format file) yang akan didownload menggunakan IDM, anda dapat menambahkan atau menghapus ekstensi dari daftar yang ditampilkan untuk mendapatkan kontrol apakah tipe file tersebut akan didownload menggunakan IDM atau tidak.

download idm terbaru - konfigurasi tipe file

Save to tab: Disini anda dapat melakukan konfigurasi folder penyimpanan untuk file yang didownload menggunakan IDM. Anda bisa menentukan folder penyimpanan untuk masing-masing kategori file yang tersedia.

download idm terbaru - konfigurasi folder penyimpanan

Fitur IDM
  1. Meningkatkan kecepatan download hingga 5 kali lipat
  2. Mendukung Pause dan Resume Download
  3. Atomatis link download untuk file mulimedia
  4. Support Bulk URL Download
  5. dan masih banyak lagi

Kekurangan
  1. Satu-satunya yang mungkin bisa dianggap sebagai kekurangan dari IDM ini adalah TIDAK GRATIS sepenuhnya. Pengguna hanya mendapatkan masa trial (gratis) selama 30 hari, setelah itu, untuk melanjutkan penggunaan IDM pada perangkat, pengguna harus melakukan pembelian seharga $29.95.

Versi Terbaru IDM Januari 2016

Untuk sekarang IDM telah sampai pada versi 6.25 Build 10 yang merupakan update terbaru hingga januari 2016. Kami terus memperbaharui link download setiap kali terdapat update pada IDM.


By: -

No comments:

Tulis Komentar

Update Terkait