Arduino: Cara Setting IDE dan Upload Program (Sketch) ke Board Arduino

Melanjutkan update tentang cara instal software IDE dan USB driver arduino yang telah diterbitkan sebelumnya. Langkah berikutnya untuk memulai menggunakan platform mikrokontroler ini adalah melakukan sedikit pengaturan pada IDE sesuai dengan board arduino yang digunakan. Sedikit meninjau tentang board arduino, untuk sekarang, ada banyak pilihan board yang bisa digunakan oleh para perancang untuk dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan rangkaian yang akan dibuat. Satu merek board yang paling banyak digunakan untuk saat ini adalah board Arduino Uno R3 (Revisi 3). Board arduino uno R3 ini umumnya banyak direkomdasikan bagi para pemula yang ingin mulai memahami salah satu platform mikrokontroler yang satu ini. Tutorial setting board arduino ini akan menggunakan board arduino uno R3 sebagai acuan dalam men-setting IDE.

Gambar Board Arduino Uno R3
Board Arduino Uno R3

Tutorial Cara Setting IDE Arduino

Sebelum sampai pada tahap pembuatan dan upload sketch (program) ke board arduino, dibutuhkan sedikit pengaturan pada IDE terlebih dahulu. Pengaturan ini adalah terkait jenis board yang digunakan (dalam kasus ini adalah arduino uno) dan pengaturan port. Untuk mulai melakukan pengaturan ini, buka software IDE arduino. Jika pada instalasi arduino anda mengikuti langkah-langkah pada tutorial instalasi IDE sebelumnya, membuka software IDE ini bisa melalui shortcut yang telah dibuat pada layar Start Menu.

Shortcut Arduino IDE

Untuk membuka IDE arduino, double-klik pada shortcut Arduino seperti yang ditunjukkan pada gambar diatas. IDE arduino akan terbuka dengan antarmuka seperti dibawah ini:

Antarmuka software IDE arduino

Terdapat 5 (lima) menu utama yang terdapat pada bagian atas IDE yaitu file, edit, sketch, tools dan help. Untuk men-setting board yang digunakan, Klik pada menu “Tools”, pada bagian “Board”, pilih sesuai dengan board arduino yang digunakan (dalam kasus ini adalah Arduino Uno).

Pengaturan Board Arduino

Selanjutnya adalah setting port, pada bagian “Port”, pilih port yang tersedia (dalam kasus ini adalah COM7). Untuk beberapa keadaan, nama port yang ditampilkan bisa berbeda.

Pengaturan Port IDE Arduino

Penting:
Daftar port ini tidak akan tersedia jika proses instalasi USB driver belum dilakukan.

Tutorial Cara Upload Program (Sketch) ke Board Arduino

Upload sketch adalah tahap dimana program ditanamkan pada board arduino. Pada tutorial ini, diasumsikan bahwa anda telah selesai menulis program yang akan ditanamkan pada board arduino. Untuk mulai meng-upload program, hubungkan board arduino ke PC melalui USB, klik pada icon Panah Kanan seperti yang ditunjukkan pada gambar dibawah ini:

Tutorial Upload Program IDE Arduino

Proses upload akan berjalan selama beberapa detik. Jika tidak ada kesalahan pada kode program yang dibuat, akan ada notifikasi “Done uploading” yang menandakan bahwa sketch berhasil di-upload ke board arduino.

Proses Upload Sketch ke board arduino selesai


By: -

25 comments:

  1. bos kalau di compile keluar kayak gini
    C:\Program Files\Arduino\hardware\tools\avr\bin\avr-ar: unable to rename 'core.a'; reason: Permission denied

    itu gimana mengatasinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Secara pribadi sih belum pernah saya temui mas. Coba-coba googling, ketemu thread di forum arduino dengan masalah yang sama (Klik untuk menuju thread).

      Salah satu solusi yang ditawarkan disitu (yg katanya work) adalah Buat user baru (dengan hak administrator) kemudian install arduino IDE dengan menggunakan akun baru tersebut.

      Delete
  2. Permisi gan mau nanya, di Arduino IDE saya pada bagian port kok nggak tersedia ya ?
    mohon solusinya gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang pake OS apa ya ?, windows 7 kah ?, coba baca tutorial install software and driver Arduino DISINI. Itu kayaknya USB drivernya belum keinstall

      Delete
  3. gan kenapa uplod pprogram gagal terus? padahal sudah instal driver

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang pesan Error yang keluar pada IDEnya apa ya ?

      Delete
  4. Gan klo udah masukin program,dan mau bikin program lagi arduino uno nya harus diapain ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Langsung upload aja kayak biasa, itu akan secara otomatis di Overwrite (Diganti program baru).

      Delete
  5. Permasalahan saya sama kayak diatas pilihan port tidak aktif, dikarenakan driver tetap tidak terinstall padahal sudah mengikuti langkah instalasi driver USB 2.0 dengan CH341SER tapi tetep gagal gan. mohon solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berdasarkan halaman resmi tutorial instalasi arduino di: Arduino Guide for Windows, IDE ini bisa diinstal dengan 2 metode, yaitu menggunakan installer .exe atau melalui zip file (seperti pada tutorial blog ini).

      Untuk opsi pertama (.exe Installer) sudah pernah coba ?

      Delete
  6. Gan klo error kyak gini cara ngatasi'a gimana ya?

    Arduino: 1.6.12 (Windows XP), Board: "Arduino/Genuino Uno"
    collect2.exe: error: ld returned 5 exit status
    exit status 1
    Error compiling for board Arduino/Genuino Uno.

    This report would have more information with
    "Show verbose output during compilation"
    option enabled in File -> Preferences.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebentar, ini instalasi IDEnya pake file and tutorial pada halaman ini atau gak ya mas ?

      Delete
  7. kak kalau dari script arduino uno mau di masukin ke sofware arduino IDE gimana ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya kok gagal paham dengan pertanyaanya ya ^_^

      Delete
  8. kak mau tanya saya tadinya sudah bisa upload dan testing output monitor dari sensor ultrasonik tapi setelah masuk rangkaian tidak berhasil, kemudian saya copotdan pasang kembali tapi malah tidak bisa upload dengan hasil seperti ini. mohon bantuannya kak avrdude: stk500_getsync() attempt 7 of 10: not in sync: resp=0x50
    avrdude: stk500_recv(): programmer is not responding
    avrdude: stk500_getsync() attempt 8 of 10: not in sync: resp=0x50
    avrdude: stk500_recv(): programmer is not responding
    avrdude: stk500_getsync() attempt 9 of 10: not in sync: resp=0x50
    avrdude: stk500_recv(): programmer is not responding
    avrdude: stk500_getsync() attempt 10 of 10: not in sync: resp=0x50

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada kemungkinan setting boardnya berubah mas. Coba cek lagi setting boardnya, (klik menu Tools > Board) Lihat apakan board yang terpilih sudah / masih sesuai dengan perangkat Arduino yang digunakan.

      Delete
  9. bang apa harus di upload terus ??? atau mungkin udah ke program dari awal upload ? apa bisa di pakai tanpa harus di colokkin ke compi atau laptop

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini maksudnya gimana ya ?, Saya kurang paham ^_^. Pada keadaan awal, Arduino itu cuma board kosong. Ini cuma sebuah prototype mikrokontroler yang bisa dikatakan pengganti rangkaian sistem minimum. Tanpa ditanamkan program, board ini ya gak ngelakuin apa-apa mas. Dia baru jalan kalau disuruh pake program (sketch).

      Delete
  10. ane minta pin bbm nya dong ane nih lagi buat tugas sekolah make arduino untuk mendeteksi sensor dengan pir jadi bingung nih ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau langsung tanya aja disini gimana ?, InsyaAllah akan dijawab semampunya, kebetulan kemaren juga sempet experiment pake PIR sensor.

      Delete
  11. gan mw nanya , klo pas upload program , trus yang muncul CMD itu gimana ceritanya yak ._.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang tau CERITA lengkapnya itu kamu mas, itu gimana ceritanya ? ^_^

      Delete
  12. mas, saya mau upload sketch switch lampu pakai bluetooth, sementara ada dua sketch satu sketch bluetouothnya satunya lagi sketch switchnya, saat upload sketch bluetooth berhasil, bisa dilihat di serial monitor, namun ketika di upload sketch switchnya bluetoothnya malah gak ke detek di serial monitor,, itu gimana caranya supaya kedua sketch berjalan bersamaan ya, terimakasih sebelumnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Agak kurang paham juga dengan pertanyaannya mas. Jika saya tidak salah mengerti, ini maksudnya 2 sketch tersebut diupload secara terpisah ya (2x upload) ?

      Kalau memang benar begitu, berarti ada mis-understanding disini mas ^_^. Board arduino hanya memiliki (anggaplah) satu tempat untuk menampung sketch. Jika pada board arduino telah tertanam sketch, proses upload sketch baru akan menimpa (overwrite) sketch yang lama. Ini sudah jelas, ketika mas mengupload sketch switch, sketch bluetooth akan terhapus (jelas tidak akan terbaca lagi diserial monitor, kan sketch yang aktif skarang adalah sketch switch).

      SOLUSI:
      Gabungkan kedua sketch tersebut dan kemudian Upload.

      Delete

Update Terkait