Download 2 Aplikasi Penghemat Baterai Terbaik dan Paling Populer Untuk Android

Baterai smartphone Android anda bermasalah ?, Cepat habis walaupun jarang digunakan ? Tidak peduli betapa anda sangat menyanyangi smartphone android anda. Seiring dengan bertambahkan jam penggunaan smartphone android yang anda miliki, anda mungkin mulai merasakan bahwa daya tahan baterai android anda kini telah bertambah cepat yang mengharuskan anda untuk men-charging baterai android anda lebih sering dari sebelumnya.

Aplikasi Baterai Android Terbaik

Ada banyak faktor yang menyebabkan daya tahan baterai pada android cepat terkuras. Ini bisa disebabkan karena penggunaan aplikasi yang terlalu banyak pada perangkat. Terlebih lagi untuk aplikasi yang sifatnya berjalan pada latar belakang yang mungkin pada waktu tertentu ini akan bekerja secara sia-sia tanpa dibutuhkan oleh sistem smartphone android anda. Untuk pengguna Android Lollipop, Google telah menyertakan aplikasi penghemat baterai secara in-built. Sayangnya fitur yang disertakan terbilang sangat terbatas jika dibandingkan dengan beberapa aplikasi penghemat baterai android yang ada saat ini.

Untuk mengetahui lebih jauh tentang aplikasi optimalisasi baterai pada android Lollipop, anda bisa mengunjungi update: Aplikasi penghemat baterai Android Lollipop in-Built.

Ada banyak aplikasi yang mengklaim bahwa mereka bisa mengatasi masalah baterai android yang boros, tidak sedikit juga dari mereka yang ternyata tidak bekerja sesuai dengan apa yang mereka tawarkan. Pada update kali ini kami akan memberikan rekomendasi aplikasi baterai android terbaik yang memang sudah memiliki respon baik dari para pengguna. 

Aplikasi Penghemat baterai untuk smartphone Android

Aplikasi penghemat baterai ini pada umumnya bekerja dengan cara mendiagnosa dan mengoptimalkan penggunaan aplikasi yang sedang berjalan/aktif. Aplikasi akan mematikan proses yang berjalan pada latar belakang yang diangkap tidak butuhkan. Sangat penting untuk menginstal aplikasi penghemat baterai ini pada perangkat Android yang anda miliki. Hal ini akan memastikan bahwa perangkat yang anda gunakan selalu berjalan secara optimal dan efisien.

1. Du Battery Saver

Aplikasi Baterai Android - Penghemat daya baterai DU Battery Saver

Aplikasi pertama yang kami sertakan pada daftar penghemat baterai untuk android ini adalah Du Battery. Aplikasi ini mengklaim dapat menghemat penggunaan baterai pada android hingga 50%. DU Battery merupakan salah satu aplikasi baterai untuk android yang memiliki jumlah pengguna yang sangat banyak dan tentunya dengan respon yang baik pula. Hingga update ini diterbitkan, Tercatat total instal aplikasi ini mencapai angka yang sangat fantastik di Google Play Store, yaitu sekitar  100.000.000 - 500.000.000 instal. Tentu ini bukan angka yang sedikit dan tanpa alasan.

Apa saja yang dapat diberikan Du Battery pada perangkat Android yang anda gunakan ?

Aplikasi ini bisa dibilang adalah salah satu aplikasi baterai android yang sangat lengkap. Ada banyak hal yang dapat anda peroleh dengan menginstal Du Battery Saver. Selain untuk menghemat baterai pada perangkat Android anda, aplikasi ini juga memberikan informasi-informasi penting seputar perangkat yang anda gunakan. DU Battery Saver akan menganalisis dan mengawasi kinerja baterai android anda secara real-time. Ini juga akan memberikan informasi-informasi tambahan seputar baterai seperti misalnya berapa lama daya yang tersisa pada baterai, informasi waktu pengisisan/charging dan masi banyak lagi.

Aplikasi DU Battery - TAB VIEW

Dengan Du Battery Saver, anda akan mendapatkan kontrol secara penuh terhadap aktivitas aplikasi yang tidak terlihat yang umumnya akan memberatkan sistem android yang anda gunakan. Anda dapat menonaktifkan setiap operasi yang sedang tidak diperlukan untuk membuat daya baterai android anda tidak terkuras secara percuma.

Satu fitur yang sangat menarik dari aplikasi Du Battery Saver ini adalah Smart Charging. Fitur ini adalah fitur yang sangat berguna yang kebanyakan diabaikan oleh setiap aplikasi baterai lainnya. Ini adalah fitur yang memungkinkan pengisian baterai lebih cepat hingga menuju ke tingkat 80%. Selebinya untuk 20% pengisian yang tersisa, Smartphone android akan dicharging lebih lambat. Kemampuan seperti ini sangat penting mengingat pengisian baterai yang terlalu lama yang dilakukan ketika baterai sedang dalam kondisi penuh merupakan salah satu penyebab sebagin besar permasalahan baterai pada perangkat smartphone android. Ini pada akhirnya akan membuat penggunaan baterai menjadi boros/cepat habis.

Aplikasi penghemat baterai android - OPTIMIZE

Du Battery Saver juga dilengkapi dengan profil yang dapat diaktifkan dalam kondisi tertentu. Hal ini berarti bahwa anda dapat mengaktifkan sistem penghematan secara berbeda sesuai dengan kebutuhan. Profil ini termasuk mode ekstrim, umum, dan sleep.

Modus Ekstrim: Pada modus ekstrim, penggunaan data saluler dan beberapa operasi lainnya akan dimatikan. Pada modus ini, anda masih bisa membuat/menerima panggilan dan pesan text. Ini adalah mode pengoptimalan yang paling maksimal yang tentunya akan berpengaruh secara signifikan terhadap penggunaan baterai perangkat android yang anda miliki.

Modus Umum: Pada modus ini, aplikasi akan mematikan penggunaan wifi ketika sedang tidak diperlukan.

Modus Sleep: Modus sleep akan mematikan seluruh penggunaan data dan berbagai operasi lainnya yang tidak dibutuhkan namun masih memungkin perangkat alarm untuk bekerja.

Untuk penambahan profil, pengguna juga dapat membuat profil secara khusus untuk setiap kondisi. Fitur ini hanya tersedia jika anda melakukan upgrade/melakukan pembelian ke versi berbayar. Ya, aplikasi ini memiliki dua versi yaitu versi gratis dan versi berbayar. Pada banyak kondisi, versi gratis sudah jauh lebih cukup dan mampu meningkatkan daya tahan baterai pada perangkat android secara optimal. Jika anda menginginkan fitur yang lebih, pembelian bisa anda lakukan langsung dari dalam aplikasi.

Antarmuka Aplikasi  DU Battery Saver Android

Aplikasi DU Battery Saver ini memiliki antarmuka yang sangat baik dan mudah untuk dipahami. Antarmuka ditampilkan dalam 5 tab yang berbeda yang telah dikelompokkan menurut fungsi dari setiap fitur yang dimiliki. 5 tab ini meliputi Battery, Saver, Toolbox, Charge dan Monitor.

Tab Battery akan menampilkan statistik tentang detail baterai yang digunakan. Informasi ini seperti misalnya tegangan baterai, suhu, dan kapasitas baterai. Terkait tentang daya baterai, Pada Tab Battery ini juga tersedia perkiraan sisa waktu penggunaan baterai serta sisa daya baterai yang dinyatakan dalan persen. Selain itu, pada tab ini tersedia tombol "Optimize" yang memungkinkan pengguna untuk dapat melakukan pengoptimalan daya tahan baterai android secara cepat.

aplikasi du battery android - optimize

Dalam Optimize, anda akan ditampilkan daftar aplikasi/program yang sedang berjalan yang diurutkan berdasarkan tingkat konsumsi daya dari setiap aplikasi/program. Tab ini memungkinkan pengguna untuk mengontrol setiap proses yang berjalan. Jika anda merasa suatu proses tidak diperlukan oleh sistem perangkat anda, pada tab ini anda bisa dengan mudah menutup setiap proses yang tidak diinginkan.

aplikasi du battery android - menutup aplikasi

Tab Saver akan menampilkan beberapa mode pengoptimalan yang bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan. Anda juga dapat melakukan kustomisasi mode melalui "Add a mode" untuk dapat melakukan penyesuaiaan profil yang lebih terperinci.

Baterai saver untuk android

Beberapa tab lainnya yaitu ToolBox yang berisi rekomendsi aplikasi terkait lainnya, Tab Charge adalah informasi seputar pengisian baterai. Untuk monitoring baterai secara lengkap anda dapat melihat pada tab Monitor.


2. Battery Doctor

Aplikasi baterai android yang lainnya yang bisa anda gunakan untuk mengoptimalkan daya tahan baterai android anda adalah Battery Doctor. Battery doctor merupakan salah satu aplikasi baterai android yang juga memiliki jumlah instal yang tidak kalah dibandingkan dengan aplikasi DU Battery yang telah diulas sebelumnya yaitu mencapai 100.000.000 - 500.000.000 instal.

Aplikasi penghemat baterai android - battery doctor

Secara garis besar, prinsip kerja dari aplikasi Battery Doctor ini tidak jauh berbeda dengan apa yang ditawarkan oleh DU Battery yaitu dengan cara mengoptimalkan pemakaian aplikasi dan menutup semua kegiatan tidak berguna yang berjalan dilatar belakang demi memastikan perangkat Android yang digunakan dapat bekerja secara efektif dan efisien.

Fitur Aplikasi Battery Doctor Android

  • Menghentikan aplikasi yang tidak dibutuhkan
  • Memungkinkan pengguna mengelolah aplikasi yang berjalan dengan tingkat konsumsi baterai yang tinggi
  • Menutup beberapa task hanya dengan satu klik
  • Menghentikan operasi aplikasi ketika layar sedang dalam keadaan mati
  • Informasi seputar perkiraan sisa waktu penggunaan baterai, waktu pengisian baterai secara akurat
  • Penjadwalan pengoptimalan baterai dengan beberapa pilihan mode, work, class,  home dan sleep
  •  Fitur pengaturan waktu sleep
  • Kontrol kecerahan untuk pengoptimalan daya baterai
  • Kontrol penggunaan CPU
  • Tips dalam pengisian baterai
  • Dukungan untuk lebih dari 19 bahasa
  • Dukungan widget home screen
  • Dan masih banyak lagi

Dengan aplikasi baterai android ini, anda dapat dengan mudah melakukan diagnosa secara real-time untuk mengetahui kegiatan yang mendominasi pemakaian baterai android anda. Terdapat juga fitur kustom yang memungkinkan pengguna untuk dapat membuat penyesuaian dalam pengoptimalan daya baterai.

Aplikasi Battery Doctor memiliki fitur perkiraan sisa waktu baterai yang sangat akurat. Fitur ini akan memberikan informasi seputar daya baterai anda, berapa lama sisa waktu pemakaian baterai dan informasi tentang lamanya waktu pengisian baterai yang diperlukan. Terdapat juga record informasi pengisian yang telah dilakukan pada perangkat android anda dalam siklus tertentu.

Battery Doctor - informasi daya baterai

Fitur lainnya yang juga menjadi andalan aplikasi ini adalah konsumsi daya yang rendah, terutama saat layar perangkat android sedang dimatikan.

Sebagai fitur tambahan pada aplikasi Battery Doctor ini adalah adanya tips dalam pengoptimalan penggunaan baterai. Anda akan belajar tentang bagaimana cara mengoptimalkan CPU, WIFI, Jaringan Saluler, Penggunaan disk dan beberapa hal lainnya termasuk juga tips masalah hardware.

Battery doctor tips

Battery Doctor mengatakan bahwa idealnya pengisian baterai dilakukan ketika daya baterai lebih kecil dari 100% dan lebih besar dari 20% untuk meminimalisir resiko kerusakan baterai pada perangkat Smartphone Android

Hal yang sangat menarik dari aplikasi ini, terutama untuk perangkat Android adalah terdapatnya widget home screen yang bisa dengan mudah anda tambahkan untuk dapat mengakses informasi baterai secara cepat dan mudah.


By: -

No comments:

Tulis Komentar

Update Terkait