Battery Saver (Penghemat Baterai) pada Android Lollipop ! Semua yang harus anda ketahui

Dalam tutorial ini, saya akan menjelaskan semua yang perlu anda tahu tentang Battery Saver (fitur penghemat baterai) baru di Android Lollipop. Hal ini berkaitan dengan opsi Battery Saver pada menu Settings yang secara otomatis beralih ON ketika tingkat baterai Anda turun menjadi 15%. Setiap kali mode ini beralih menjadi ON, Anda akan melihat perubahan warna Sistem UI (Status bar dan bar navigasi) menjadi Orange. Walaupun ada banyak aplikasi pihak ketiga lain yang dapat menghemat baterai Anda, akan sangat baik jika anda mengetahui fitur-fitur baru di Android 5.0 Lollipop ini sebagai fitur bawaan.

Baca Juga: Aplikasi Penghemat Baterai Android

penghemat baterai android lollipon 5.0

Bagaimana Mengubah Pengaturan Battery Saver di Android Lollipop?

Sementara Android tidak secara otomatis beralih ke pengaturan ini ON ketika tingkat baterai turun menjadi 15%, jika Anda ingin memiliki kontrol sedikit lebih di atasnya, Anda perlu menggali lebih dalam. Pertama-tama Anda perlu pergi ke System Setting dan kemudian Battery. Anda juga bisa langsung ke opsi manajemen sistem baterai dengan meluncur ke bawah panel Pemberitahuan Anda, geser ke bawah lagi untuk pergi ke opsi pengaturan cepat, dan kemudian menekan pada Icon Baterai seperti yang ditunjukkan pada gambar pertama di bawah ini.

penghemat baterai android lollipon 5.0

Sekarang, setelah Anda membuka Manajemen System Battery (ditunjukkan pada gambar kedua di atas), tekan tombol menu 3 titik di sudut kanan atas layar. Anda akan melihat opsi 'Battery Saver', yang harus anda pilih dan Anda akan dibawa ke pengaturan Battery Saver Android 5.0 Lollipop. Di sini, Anda akan melihat opsi untuk beralih ON atau OFF dan juga pilihan untuk mengatur ambang batas untuk mengubahnya ON otomatis. Cukup tekan pada "Turn On Automatically" (nilai default adalah 15%), dan pilih Never, at 5% Battery or at 15% Battery. Saya telah mengubah nilai default untuk "Never" seperti yang Anda lihat di screenshot di bawah ini.

Fitur penghemat baterai android lollipop 5.0

Jika Anda menetapkan nilai sebagai "Never", Anda harus beralih ke posisi ON Saver Baterai secara manual kapanpun Anda membutuhkannya. Hal ini dapat dilakukan dengan mudah dari sini saja dan Anda akan segera melihat perubahan seperti status bar dan bar navigasi akan berubah warna menjadi orange (seperti yang ditunjukkan pada gambar ketiga di atas).

Ketika Saver Baterai diaktifkan (ON), Anda mungkin juga melihat Pemberitahuan persis pada status bar yang memiliki pilihan untuk MATIKAN BATERAI SAVER langsung dari sana. Ini terlihat mirip dengan gambar di bawah.

Fitur penghemat baterai android lollipop 5.0

Apa sebenarnya yang dilakukan oleh Switching ON Saver Battery di Android Lollipop ?

Sekarang Anda tahu bagaimana Mengaktifkan Battery Saver ON atau OFF di Android Lollipop, tapi apa sebenarnya gunanya? Yah, saya akan menjelaskan semuanya di sini.

  • Pertama dan terpenting, Anda akan melihat pemberitahuan Switches OFF Auto Sync and most of the Background Data on your Android device. Ini berarti bahwa perangkat Anda tidak akan menerima atau mengirim data di latar belakang. Anda mungkin tidak dapat menerima email-email penting atau pesan instan yang sedang menunggu kecuali jika Anda membuka masing-masing aplikasi dan menjalankan mereka.
  • Hal kedua yang dilakukannya adalah menghentikan semua Animasi Transisi pada perangkat Anda. Jadi, semua animasi eye-candy yang Anda lihat ketika Anda membuka sebuah aplikasi atau menavigasi di UI akan hilang.
  • Anda juga mungkin melihat beberapa lags dalam kinerja UI ketika Anda beralih ke mode ON Saver. Hal ini terjadi karena penghemat Baterai juga mengeksekusi CPU dalam perangkat Android Anda. Ini berarti bahwa CPU dalam perangkat Anda mulai bekerja pada kecepatan yang lebih lambat dari biasanya (CPU pada frekuensi rendah yaitu GHz). Hal ini dilakukan agar CPU mengkonsumsi daya yang lebih rendah dan akan memiliki dampak yang lebih rendah pada baterai.

Keterbatasan Penghemat Baterai di Android Lollipop

Mari kita luruskan satu hal - default Battery Saver atau penghemat baterai bawaan hanya bisa anda percayakan jika anda tidak memerlukan pilihan dan fitur tambahan lain yang dapat dilakukan. Oleh karena itu, mode ini tidak bisa banyak membantu. Kinerja yang terasa lebih lambat, dan Account Anda tidak disinkronkan melalui Internet. Kurangnya Animasi juga berarti bahwa Anda tidak akan melihat Animasi indah yang dimiliki oleh Android Lollipop. Jika Anda ingin menghemat baterai Anda tanpa mengorbankan berbagai aspek yang disebutkan sebelumnya, Anda perlu menggunakan aplikasi android penghemat baterai pihak ketiga yang pada umumnya akan lebih powerfull.

By: -

No comments:

Tulis Komentar

Update Terkait